PAPUA INDAH DAN DAMAI

Menyuarakan kedamaian dan keindahan bumi Papua untuk bangsa ini...

Halaman

Minggu, 17 Agustus 2014

UPACARA DI TINGKAT PROVINSI

Gubernur Papua, Lukas Enembe Saat Menyerahkan Bendera Duplikat. (Jubi/Alex)
Lukas Enembe menyerahkan Bendera Merah Putih ke Paskibra (17/8)
Jayapura, (17/8) – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengatakan, secara umum pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-69 di Papua berjalan aman dan terkendali.

“Saya tadi sudah hubungi beberapa Bupati, terutama daerah-daerah yang rawan, seperti Paniai, Puncak, dan Puncak Jaya. Mereka melapor kepada saya kalau pelaksanaan upacara HUT RI berjalan aman dan terkendali,” kata Lukas kepada wartawan saat ditemui usai memimpin upacara HUT RI ke-69 yang digelar di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Minggu (17/8) pagi.

“Intinya, para pendahulu kita berjuang untuk merdeka, kita yang sekarang atau generasi sekarang berjuang untuk bekerja keras mengisi dan membangun. Itu yang komitmen bersama masyarakat Indonesia, terutama yang ada di Provinsi Papua. Perjuangan yang lalu dengan fisik untuk merdeka, sekarang kita berjuang untuk pembangunan dan bekerja keras. Ya, kalau tidak bekerja keras, tentu tidak akan berhasil,” jelas Lukas.

Sementara bagi saudara yang masih bersebarangan, Lukas mengajak agar pada momen yang penting ini, bersatu dan turun bergabung untuk membangun untuk memajukan diri sendiri, rakyat dan bangsa. 

“Mari kita bersatu untuk membangun dan memajukan diri sendiri, rakyat dan bangsa kita,” ajaknya.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-69 tingkat Provinsi Provinsi Papua, yang digelar di Stadion Mandala Jayapura, Minggu (17/8) pagi, berlangsung dengan khidmat dan aman.

Upacara dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe selaku Inspektur Upacara. Sementara Komandan Upacara adalah AKBP Kolestra Siboro, yang sehari-harinya bertugas sebagai tenaga pendidik di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Jayapura.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 dimulai tepat pukul 10.00 WIT, dan diawali dengan pemeriksaan barisan peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri, Satpol PP, PNS, Pelajar, serta sejumlah perwakilan organisasi kepemudaan.

Selain diikuti oleh peserta upacara, pelaksanaan HUT RI di Stadion Mandala juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata PNG, Gubernur Provinsi Sandaun, dan veteran pejuang yang duduk di antara barisan unsur Muspida Provinsi Papua.

Adapun detik-detik Proklamasi ditandai dengan dentuman meriam sebanyak 17 kali dan diikuti pembacaan Proklamasi oleh Ketua DPR Papua, Deerd Tabuni.

Pengibaran bendera Merah Putih, yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), yakni Thor Daril Suebu, Jery Speniel Waimuri, dan Yohanes Matius Marian dilakukan tepat pukul 10.30 WIT dan berjalan dengan baik.

Tirsa Yulianti Wakris, siswa SMA II Jayapura selaku pembawa baki penerima bendera duplikat mengaku, sangat bahagia bisa dipercayakan untuk menerima langsung bendera Merah Putih dari Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Kegembiraan juga terlihat dari kedua orang tua Tirsa yang datang ke Stadion Mandala untuk menyaksikan langsung jalannya Upacara Bendera HUT RI ke-69, sekaligus mengabadikan moment saat anaknya menerima bendera duplikat dari Gubernur.

“Saya sangat bangga melihat anak ke-4 saya bisa dipercayakan untuk membawa bendera Merah Putih. Apalagi hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun saya,” kata Amon Wakris.

Masyarakat Kota Jayapura banyak yang menyaksikan kegiatan upacara yang dilakukan setiap tahun tersebut, sejumlah warga yang berada di pinggiran lapangan upacara tampak antusias melihat upacara bendera dengan diiringi “marching band” dari Korps Musik. Upacara dihadiri pula oleh unsur Forkompimda, di antaranya, Majelis Rakyat Papua, Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri, Polda Papua, Bank Indonesia, dan Kodam XVII/Cenderawasih.

Usai pelaksanaan upacara, peserta upacara beserta masyarakat yang hadir disuguhkan oubade dari siswa-siswi SMP Negeri I Kota Jayapura, serta atraksi tarian Merah Putih dan bela diri dari anggota Yonif 751/Raider. (AF)

0 komentar:

Posting Komentar