PAPUA INDAH DAN DAMAI

Menyuarakan kedamaian dan keindahan bumi Papua untuk bangsa ini...

Halaman

Selasa, 12 Agustus 2014

MANTAN TOKOH OPM DAPAT PENGHARGAAN DARI PRESIDEN SBY

Presiden SBY
Jayapura - Enam putra terbaik Papua akan mendapat penghargaan dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-69 tahun 2014. Mereka adalah mantan tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM). 

Tiga nama yang akan mendapat penghargaan tertinggi berupa Bintang Jasa Nararya itu adalah Ondofolo Franzalbert Yoku ( Mantan Moderator Urusan Luar Negeri), Nicolaas Jouwe dan Nicholas Simione Messet.

Franzalbert Yoku yang ditemui di Jayapura, Selasa (12/8/2014) mengemukakan, penganugerahan penghargaan tertinggi jenis Bintang Mahaputera Utama dan Bintang Jasa Nararya itu akan dilakukan bersamaan dengan Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-69 di Istana Negara Jakarta. Penghargaan akan diberikan langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu, 13 Agustus 2014.

Bintang Jasa Nararya, merupakan penganugerahan tanda kehormatan Republik Indonesia atas jasa luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan serta kemakmuran bangsa dan negara. Secara khusus di Papua di mana sejak tahun 2007 Ondofolo Franzalbert Joku, Nicholas Simione Messet, dll mewakili pemerintah menjalankan diplomasi luar negeri di dunia secara intensif khususnya menyangkut isu Papua.

Delapan tahun lalu, tepatnya Januari 2006 pemerintah Papua New Guinea (PNG) pernah menganugerahi sebuah Bintang Kehormatan “Officer of the Order of Logohu” kepada Ondofolo Franzalbert Joku sebagai rekognisi atas jasa-jasa, prestasi dan pengabdian di bidang Journalistic, Politik dan Pemerintahan. Kedua selaku moderator PDP untuk pertama kali dalam sejarah mencapai tingkat internasional yang belum pernah dialami gerakan Papua Merdeka sebelumnya. 

Ada enam orang dari Papua yang masuk dalam daftar penganugerahan, di mana 5 orang menerima Bintang Jasa Nararya dan 1 orang menerima Bintang Mahaputra Utama. Berikut nama para penertima penghargaan yang berasal dari Papua

1. Abraham Ataruri, Gubernur Papua Barat (Bintang Mahaputra Utama)

2. Ondofolo Franzalbert Joku, mantan moderator urusan luar negeri (Bintang Jasa Nararya)

3. Pdt. Lipiyus Biniluk, Komisaris Bank Papua dan Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Kristen se-Papua (Bintang Jasa Nararya)

4. Nicolaas Jouwe (Bintang Jasa Nararya)

5. Constant Karma, mantan Wakil Gubernur dan Sekretaris Daerah Papua (Bintang Jasa Nararya)

6. Nicholas Simione Messet (Bintang Jasa Nararya).

sumber: detik.com

0 komentar:

Posting Komentar