PAPUA INDAH DAN DAMAI

Menyuarakan kedamaian dan keindahan bumi Papua untuk bangsa ini...

Halaman

Selasa, 19 Agustus 2014

GENERASI PAPUA

Anggota Paskibraka Asal Papua Bangga Tampil di Istana
Paskibraka asal Papua dan Papua Barat
Menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka menjadi impian semua orang. Termasuk para pelajar yang terpilih berasal dari Papua dan Papua Barat. 

Kebanggaan ini juga dirasakan Jefri A.Z. Rumayom, Anlley Stefycha Tarajy, Jacklien Christin Buiney dan David Niko Efraim. Mereka mewakili Papua sebagai anggota Paskibraka HUT ke-69 RI. Jefry lahir di Timika pada 28 Oktober 1997 dan bersekolah di SMAN 1 Mimika; Anlley adalah kelahiran Sorong, 24 Mei 1998 dan siswa di SMAN 1 Arso Jayapura; Jacklien lahir di Manokwari pada 4 Juli 1997 dan merupakan pelajar SMAN 1 Manokwari; sedangkan David adalah siswa SMAN 1 Fakfak yang lahir pada 8 Desember 1996. Papua mengirimkan putra dan putri terbaiknya tersebut, yaitu Jefri A. Z dan Anlley Stefycha Tarajy. Sedangkan Jacklien Christin Buiney dan David Niko Efraim Rumboroir mewakili Papua Barat. 

Adalah hal yang sangat membanggakan karena Papua kembali mengirimkan wakilnya untuk tergabung dalam Paskibraka pada saat detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2014 di Jakarta. Hari kemerdekaan Indonesia bagi mereka mempunyai kesan tersendiri. 

"Hakekatnya peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ini dapat membawa kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh bangsa, khususnya Papua yang masih jauh tertinggal dengan daerah lainnya," kata Jefri di Pusat Pelatihan Pekan Olahraga Nasional, Cibubur, Jakarta Timur, pada Selasa (19/8).

Lain halnya Jacklien Christin Buiney yang selama mengikuti karantina di PP PON Cibubur bersama dengan Paskibraka dari seluruh daerah lainnya, mengungkapkan selama mengikuti pelatihan ada suka duka bersama rekan-rekannya. 

"Sa tidak sendiri dari Papua, di sini kami bersaudara, susah senang kami bersama-sama. Inilah yang disebut satu Tanah Air Indonesia yang guru pernah bilang di sekolah," ujarnya.

Seperti diketahui, pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi kali ini yang terlibat dalam Paskibraka ada 68 putra dan putri terbaik bangsa dari 34 provinsi di Indonesia.

Papua memiliki kesan tersendiri dan kebanggaan yang mendalam di samping telah mengharumkan nama Papua di Indonesia, juga demi mendedikasikannya kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan Indonesia. Hal ini berkaitan erat dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang tidak lepas dari perjuangan para pahlawan dari tanah Papua dalam merebut dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. (AF)

0 komentar:

Posting Komentar