PAPUA INDAH DAN DAMAI

Menyuarakan kedamaian dan keindahan bumi Papua untuk bangsa ini...

Halaman

Minggu, 17 Agustus 2014

OPM MANOKWARI 2

Penyerahan Senjata Kepada Pangdam
Penyerahan Senjata (Sumber: Kodam)
Manokwari – Dalam suasana yang damai menjelang Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua M.M., menerima penyerahan 8 pucuk senjata, yang diserahkan langsung oleh anak kandung Panglima Kasuari Alex Saiba dari GSB (Gerakan Separatis Bersenjata), yang juga merupakan tokoh masyarakat setempat di Distrik Ransiki Kab. Mansinam Selatan, Manokwari pada Sabtu, 16 Agustus 2014.

Dalam sambutan Bupati Kabupaten Mansinam Selatan, Drs Edi Budoyo pada acara tersebut, beliau mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pangdam XVII/Cenderawasih dan telah mendengar aspirasi dari masyarakat Kampung Asmorof.

Beliau mengatakan bahwa masyarakat setempat sudah lama setia kepada NKRI dan pengembalian senjata-senjata tersebut kepada yang berwenang merupakan atas kesadaran sendiri.

Selain itu masyarakat mengharapkan adanya pembangunan, sehingga kemudian dibangun program Gerbang Desa. Beliau berharap setelah penyerahan senjata ini jangan ada masalah lagi di kampung, tetapi dapat mendukung program pemerintah ke depannya.

Dalam kesempatan yang sama Pangdam XVII/Cenderawasih juga menyampaikan, bahwa daerah ini relatif aman, di mana hal ini ditandai dengan adanya penyerahan senjata. Kegiatan ini bukanlah suatu kebetulan tetapi sudah merupakan rencana Tuhan dan beliau sangat menghormati kegiatan hari ini.

“Jadilah besar jangan ada perbedaan dan mengecilkan diri di antara orang-orang besar. Buatlah yang terbaik dan dukung program pembangunan di negara ini, khususnya di Kab. Mansinam Selatan, dukung pemerintah kita sehingga akan terwujud pembangunan dan kesejahteraan yang baik”, ungkap Pangdam.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan 8 pucuk senjata oleh anak kandung Panglima Kasuari kepada Pangdam XVII/Cenderawasih. Adapun senjata yang diserahkan, antara lain :

- 2 pistol revolver
- 1 senjata double loop
- 1 Sks
- 1 senjata laras panjang M16 A1
- 3 senjata rakitan
- 1 butir munisi SP
- 14 butir munisi SS1 kaliber 5,56 mm
- 1 magazen SS1
- 1 munisi engkel lop

Kemudian ditutup dengan penandatanganan surat pernyataan yang ditandatangani oleh Beni Sayori, Yance Mandacan, Ajue Mandacan, Asper Mandacan dan Yohanes Biet (tokoh masyarakat setempat).

Dengan adanya kesadaran yang ditunjukan oleh masyarakat Kampung Asmuruf, diharapkan dapat lebih mendukung keutuhan NKRI kedepannya agar tercipta kedamaian dan kesejahteraan bagi masyarakat. Selain itu, dengan adanya penyerahan dan penandatanganan surat pernyataan kesetian tersebut dapat mengajak saudara-saudara kita yang masih berbeda paham dan mau kembali bersama-sama membangun Papua yang lebih maju, khususnya di Distrik Ransiki Kab. Mansel.

Acara penyerahan senjata tersebut berlangsung dengan suasana kekeluargaan, damai, aman dan terkendali. Acara berlangsung sejak Pukul 14.00 WIT hingga selesai dan dihadiri oleh ± 500 orang yang terdiri dari SKPD Kab. Mansel, tokoh Agama, tokoh adat dan masyarakat di Distrik Ransiki Kab. Mansinam Selatan.

Turut hadir dalam acara ini, Brigjen TNI Djoko Subandrio (Danrem 171/PVT), Kol. Inf Frengky E.R (Asops Kasdam XVII/Cenderawasih), Kolonel Inf. Ginting (Asintel Kasdam XVII/Cenderawasih), Letkol Arh. Rikas Hidayatullah (Kapendam XVII/Cenderawasih), Letkol Inf. Stevanus Satrio Ariwibowo (Dandim 1703/MKW) dan para tokoh masyarakat di Manokwari.

Sumber: kodam17cenderawasih

0 komentar:

Posting Komentar